Rumah Sakit Berubah Rumah Sehat dengan Green Hosipital

Entahlah!  Sejak kanak hingga punya anak, tempat yang paling saya hindari adalah rumah sakit. Ada kondisi traumatik yang telah tertanam terlalu lama, menghujam bagai pasak yang membumi, sulit tercabut. Saya selalu menganggap rumah sakit tak ubahnya tempat menumpuk “sakit” yang tak menawarkan kesembuhan paripurna. Rumah sakit terlalu horor, memasukinya meniupkan kesan pesimistik. Selalu saja ada ketakutan yang menjalar. Bahwa di sini, di rumah sakit ini setiap yang sakit akan bertambah sakit.

Segala dugaan itu makin menguat kala menemui keadaan yang serba tak ramah. Pelayanan yang berbelit-belit berpadu para pelayan yang lupa menghias wajahnya dengan senyuman. Entah itu perawat, apoteker, dokter, pegawai, semuanya seolah lupa jika mereka memunyai tugas amat mulia sebagai perantara menemui kesembuhan. Aktivitas di rumah sakit berjalan mekanis, serba transaksional. Materi (uang) tampak telah menjadi panglima untuk memeroleh pelayanan yang serba manis dan menyenangkan. Rumah sakit menjadi industri baru yang telah mengesampingkan sisi manusiawi dan menjajah kehidupan warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.  

Lebih lagi, kondisi serba jorok dan kumuh, sampah berserakan di mana-mana, kondisi lingkungan tak bersahabat, polusi udara dan bau tak sedap memperjelas jika rumah sakit (utamanya rumah sakit pemerintah) hanya jadi “persinggahan salah” bagi banyak orang yang merindukan kesembuhan. Banyak di antara kita akhirnya enggan untuk mengeluhkan rasa sakit dengan mengiba di rumah-rumah sakit yang ada. Karena yang kita temui adalah kenyataan serba “menakutkan” yang membuat kita kehilangan nyali.

Kondisi yang terpapar di atas, bagi banyak rumah sakit pemerintah di negeri ini menjadi cerita usang. Cerita usang karena sudah menjadi rahasia umum dan cenderung berulang. Memiriskan sekaligus memerihkan. Namun, di tengah ragam cerita miring itu, ada harapan yang kembali menggema. Harapan yang mencoba menanamkan optimisme baru bahwa rumah sakit bisa melakukan terobosan baru dalam rangka mewujudkan pelayanan paripurna.

Gagasan “green hospital” dengan mengawinkan kearifan lingkungan dalam konsep rumah sakit adalah langkah maju dalam menciptakan sebuah konsepsi penyembuhan yang tidak hanya mekanistik. Seseorang yang sakit, masuk ke rumah sakit, tak melulu hanya bisa ditangani dengan obat-obatan kimia. Lebih dari itu, pasien yang bermasalah fisiknya tentu juga erat kaitannya dengan kondisi psikisnya. Nah, kondisi psikis inilah yang harusnya jauh lebih diperhatikan. Kondisi psikis harus lebih dulu diselamatkan, sehingga pasien yang telah terlanjur pesimis dengan sakit yang dideranya akan mendapati optimisme ketika masuk rumah sakit. Optimisme itu bisa muncul dengan hadirnya lingkungan yang nyaman dan aman. Konsep “green hospital” saya rasa bisa mewujudkan hal tersebut.

Saya dan banyak orang yang pernah menjadi pasien tentu mengharapkan, setiap kali terbangun dari bangsal-bangsal rumah sakit, setelah jendela terbuka, maka menyeruaklah udara-udara perawan yang akan mengobati kegundahan karena kepenatan dan kepengapan. Oksigen baru memadati sudut ruangan dan setiap kita akan merasa jauh lebih sehat karena suasana. Atau mereka yang tak berdaya di kursi roda akan senang hatinya diajak berjalan bercengkrama di taman-taman. Menyentuh embun yang melekati dedaunan, atau membaui kuntum bunga yang bermekaran, juga mendengarkan senandung kicau burung di pagi saat mentari mulai merekah. Betapa damai. Itu berarti, dengan suasana seperti itu pasien benar-benar telah terselamatkan jiwanya dalam kungkungan sakit yang menderanya.

Maka “green hospital” bisa jadi salah satu jawaban terhadap ragam kesembrawutan wajah rumah sakit kita. Rumah sakit harusnya memang tampil lebih ramah, ramah kepada pasien, siapapun dia. Ramah dalam arti terpenuhinya aspek-aspek vital yang dibutuhkan pasien dalam kenyamanan dan keamanan. Udara dan lingkungan yang bersih, jauh dari polusi, jauh dari radiasi, dan jauh dari kebisingan. Dengan demikian, pelayanan paripurna rumah sakit dengan konsep “green hospital” akan mengubah wajah rumah sakit menjadi “rumah sehat” yang dirindukan banyak orang yang menderita sakit. Semoga!

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s